Windows 11 22H2 mengalami bug buruk yang membuat crash beberapa PC dengan CPU Intel

Windows 11 22H2 mengalami bug buruk yang membuat crash beberapa PC dengan CPU Intel

Windows 11 22H2 menyebabkan beberapa masalah di sana-sini, pertama dan terutama untuk gamer dengan kartu grafis Nvidia – meskipun masalah ini sekarang telah diperbaiki – dan kami sekarang mendengar kesalahan Blue Screen of Death (BSoD) yang mengganggu beberapa orang yang tidak beruntung. .

BSoD adalah kesalahan yang sepenuhnya memengaruhi PC Anda, memerlukan hard reset, dan masalahnya memengaruhi driver audio Intel Smart Sound Technology (SST). Secara khusus, ini adalah masalah ketidakcocokan yang dimiliki pembaruan Windows 11 dengan versi tertentu dari driver Intel SST pada prosesor generasi ke-11 (Rocket Lake, generasi sebelum chip Alder Lake saat ini).

Tidak semua orang akan terpengaruh, tetapi beberapa, dan sebagai hasilnya, Microsoft telah secara aktif memblokir Windows 11 22H2 dari PC ini (serta pembaruan ke Windows 21H2, bagi mereka yang bermigrasi dari Windows 10).

Dalam dokumen dukungan yang diperbarui yang baru-baru ini ditemukan oleh windows terbaru (terbuka di tab baru) Microsoft menjelaskan (membuka di tab baru): “Driver yang terpengaruh akan diberi nama Pengontrol Audio Intel Smart Sound Technology (Intel SST) di bawah Perangkat Sistem di Pengelola Perangkat dan akan memiliki nama file IntcAudioBus.sys dan versi file 10.29.0.5152 atau 10.30.0.5152.

“Hanya perangkat dengan prosesor Intel 11th Gen Core dan versi driver Intel SST 10.29.0.5152 atau 10.30.0.5152 yang terpengaruh oleh masalah ini.”

Untungnya, ada solusinya, dan seperti yang dapat Anda bayangkan, ini melibatkan pembaruan driver Intel SST yang dimaksud. Microsoft menyarankan Anda untuk memeriksa dengan produsen perangkat Anda untuk driver baru, dan Anda mungkin perlu memperbarui ke versi 10.30.00.5714 atau 10.29.00.5714 (atau lebih baik). Perhatikan bahwa versi 10.30.x tidak selalu lebih baru dari 10.29, tetapi ini adalah empat digit terakhir yang Anda cari untuk menentukan waktu rilis, jadi versi apa pun yang sesuai dengan kebutuhan Anda harus diakhiri dengan ‘5714’ (atau lebih baru).

Setelah Anda menginstal driver yang benar, Windows 11 22H2 akan tersedia untuk diinstal (walaupun mungkin masih membutuhkan waktu untuk menawarkan PC Anda).

Analisis: Apakah perbaikan untuk Windows 11 itu sendiri akan datang? Ini tidak mungkin

Sangat menyenangkan melihat solusi di sini, tentu saja, meskipun agak membingungkan dengan pembaruan driver (dan sedikit komplikasi dari nomor versi yang berbeda).

Tidak jelas apakah Microsoft akan mengubah pembaruan 22H2 untuk mengatasi masalah kompatibilitas di sisi OS, tetapi sepertinya tidak mengingat bug sekarang ditandai ‘dikurangi’ dalam dokumen dukungan. Ada itu, dan fakta bahwa gremlin yang sedang berlangsung ini telah ada sejak November 2021, jadi ini sebenarnya bukan hal baru – baru muncul lagi pada 22H2.

Apa pun yang Anda lakukan, Microsoft menjelaskan bahwa Anda tidak boleh mencoba menerapkan dan memaksakan pembaruan 22H2 secara manual pada PC Anda jika driver Intel SST tidak diperbarui, karena Anda mungkin akan mengalami kegagalan acak yang buruk ini dalam bentuk BSoD.

BSoD jelas lebih merupakan sesuatu dari masa lalu – putar waktu kembali sekitar satu dekade, dan itu dulu terjadi, yah, tidak secara teratur, tetapi cukup sering untuk menyusahkan – dan sekarang mereka cukup langka sebagai aturan. Namun terkadang, bug seperti ini masih ada di Windows 11 dan Windows 10.

Penawaran kartu grafis terbaik hari ini

Author: Alexander Torres